WORKSHOP APERSEPSI CLINICAL INSTRUCTOR PRODI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA

Aceh Besar, 9 November 2023 bertempat di Ruang Burni Telong dilaksanakan kegiatan “Workshop Apersepsi Clinical Instructor Prodi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2023”, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 9 s.d 10 November 2023 dilaksanakan secara hybrid yaitu Daring dan Luring yang diikuti oleh seluruh dosen dan staf Pembelajaran Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh.

Silvia Wagustina, SST, M. Kes selaku Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop ini. Beliau berharap  kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang bermanfaat maksimal. Lebih lanjut beliau menambahkan kegiatan workshop ini bertujuan memahami konsep peran perseptor mentorship di tatanan klinik, maupun masyarakat, peran dalam setiap tahapan proses pembelajaran klinik, fungsi dan tugas sebagai pembimbing lahan PBL/PKL pelaksanaan pembimbingan dan evaluasi kegiatan PBL/PKL yang mencakup sikap, keterampilan serta attitude, sehingga menjadi contoh (role model) sebagai Nutrisionis profesional yang melakukan kegiatan PBL/PKL di lahan praktik.

Adapun narasumber pada kesempatan ini adalah Bapak Nur Hidayat, SKM.,M.Kes; Almira Sitasari, S.Gz., RD, MPH; Rini Wuri Astuti, SST, M.Gz dan Lastmi Wayansari, S.Gz., MPH yang berasal  dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PERSAGI Yogyakarta dan saat ini juga aktif bertugas di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Dalam paparannya Bapak Nur Hidayat, SKM.,M.Kes menyampaikan terkait model preseptorship dalam bimbingan praktik lapangan Prodi STR Gizi dietetika, dilanjutkan oleh Lastmi Wayansari, S.Gz., MPH yang memaparkan terkait Praktek Kerja Lapangan (PKL) Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi (SPMI), kemudian Almira Sitasari, S.Gz., RD, MPH yang memaparkan terkait Pembimbingan Pembelajaran PKL Program Intervensi Gizi Masyarakat Mahasiswa Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, dan ditutup oleh pemaparan bu Rini Wuri Astuti, SST, M.Gz terkait PENGELOLAAN Praktek Kerja Lapangan (PKL) ASUHAN GIZI KLINIK (AGK) Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika.